-->

KIAT-KIAT MENULIS CERPEN

Posted by Ponda Samarkandi Minggu, 03 Februari 2013 0 komentar

Kali ini saya akan membuat tentang bagaimana kiat-kiat dalam membuat sebuah cerpen (cerita pendek). Membuat cerpen kita harus membuat langkah-langkah yang jitu, agar cerpen kita terlihat bagus dan jelas. Adapun langkah-langkahnya:
  1. Membuat Tema: membuat tema sangatlah penting dalam penulisan sebuah cerpen. Tema harus menarik, jelas, dan mengandung sesuatu yang ingin disampaikan. Dengan adanya tema, penulis bisa memulai menulis.
  2. Menentukan Tokoh: dalam hal ini tokoh dalam cerita harus ditentukan. Maksimal ada 4 orang. Karena cerpen mengandung cerita yang pendek, maka jangan terlalu banyak tokoh, karena itu akan menyebabkan cerita kita tidak jelas apa yang ingin disampaikan. Dari empat tokoh tersebu, tentukan siapa yang menjadi tokoh utama dalam cerita yang sobat ingin tulis.
  3. Menentukan Tempat: langkah selanjutnya adalah menentukan tempat. Sebaiknya para penulis, menentukan satu tempat yang jelas dalam cerpen yang ingin ditulis. Misalkan, di Kampus, Sekolah atau lainnya. Sehingga cerita yang kita tulis tidak mengambang kemana-mana.
  4. Sederhanakan peristiwa atau kejadian. Karena ini cerita pendek, cukup satu peristiwa penting yang terjadi pada tokoh-tokoh. Jangan melebar kemana-mana, nanti anda menuju ke arah format novel. 
  5. Fokus: Cerita yang baik adalah yang mengikuti alur penokohan yang sempit. Apa tujuan cerita kamu? Tujuannya adalah tema.Jika kamu melebarkan tema, maka gagasan akan menjadi bias, seperti novel gagal berisi gado-gado dengan setumpuk tema tak jelas. Jadi, sempitkan tema dan langsung pada tujuan cerita.
 Itulah beberapa kiat-kiat menulis cerpen yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat. Amin ya Rabbal 'Alamin.......
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: KIAT-KIAT MENULIS CERPEN
Ditulis oleh Ponda Samarkandi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://ponda-samarkand.blogspot.com/2013/02/kiat-kiat-menulis-cerpen.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
0 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang tidak sesuai dengan syarat di bawah ini akan dihapus, Demi kenyamanan kita bersama :

1. Menggunakan bahasa tidak beretika (Sara, Pornografi, Menyinggung)
2. Komentar menautkan link secara langsung
3. Komentar tidak berkaitan dengan artikel
4. Komentar Scam (Promosi Link)

Original design by Bamz | Copyright of Coretan Mahasiswa Kampung.

Mengenai Saya

Foto Saya
Saya seorang mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Jurusan Dakwah STAIN Palangka Raya. Saya bukan seorang penulis, tapi saya berusaha menjadi seorang penulis. Kata-kata motivasi saya:  "Kalau anda bukan anak raja, atau anak orang kaya, maka jadi lah penulis".

Pengikut

Recent Comment