-->

MENGAPA KITA HARUS MENULIS

Posted by Ponda Samarkandi Sabtu, 02 Februari 2013 0 komentar
Menulis merupakan cara kita agar dapat menuangkan pikiran-pikiran kita ke dalam sebuah karya. Dengan menulis kita dapat memberikan pengetahuan dan juga informasi kepada orang banyak. Dewasa ini, menulis juga dapat membantu penyebaran ajaran Islam di muka bumi ini, karena dakwah melalui media cetak untuk saat ini lebih tepat, mengingat kesibukan para mad'u dalam beraktivitas.

Di dalam Islam juga ada perintah agar kita membaca dan menulis. Sebagaimana firman-Nya, "Yang mengajarkan kepada manusia dengan perantara kalam". Kata kalam dalam ayat ini bisa berupa alat tulis, artinya dengan tulisan kita dapat mengajarkan kepada orang lain berbagai macam pengetahuan dan juga informasi yang belum mereka ketahui.


Dengan menulis kita mampu memberikan informasi atau pengetahuan yang sebelumnya tidak mereka ketahui, sebagaimana firman-Nya, "Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak mereka ketahui". Banyak ulama tafsir menafsirkan ayat ini merupakan ayat tentang ilmu laduni. Ilmu yang tanpa kita sadari ada pada diri kita, karena diberikan oleh Allah. Namun penulis di sini memberikan tafsiran yang berbeda, yaitu dengan perantara kalam (baca tulis), kita mampu mengajarkan apa yang tidak diketahui oleh mereka.

Kelebihan dan Kekurangan Tulisan
Tulisan memiliki kelebihan yang tidak dimiliki media lain. Tulisan bersifat cetak, artinya bisa dibawa ke mana saja, dan bisa dibaca kapan pun kita mau. Tulisan juga bisa kita simpan, kalau nanti kita ingin membacanya lagi. Namun tulisan juga memiliki kekurangan, yaitu terbatas pada mereka yang tidak bisa membaca.
Ayo kawan-kawan kita tanamkan budaya tulis menulis dalam diri kita, agar dengan tulisan, kita mampu memberikan pengetahuan kepada orang lain dan kita juga mampu menyebarkan ajaran Islam dengan perantara tulisan............ sekian dulu ya postingan saya, hehehe
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: MENGAPA KITA HARUS MENULIS
Ditulis oleh Ponda Samarkandi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://ponda-samarkand.blogspot.com/2013/02/mengapa-kita-harus-menulis.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
0 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang tidak sesuai dengan syarat di bawah ini akan dihapus, Demi kenyamanan kita bersama :

1. Menggunakan bahasa tidak beretika (Sara, Pornografi, Menyinggung)
2. Komentar menautkan link secara langsung
3. Komentar tidak berkaitan dengan artikel
4. Komentar Scam (Promosi Link)

Original design by Bamz | Copyright of Coretan Mahasiswa Kampung.

Mengenai Saya

Foto Saya
Saya seorang mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Jurusan Dakwah STAIN Palangka Raya. Saya bukan seorang penulis, tapi saya berusaha menjadi seorang penulis. Kata-kata motivasi saya:  "Kalau anda bukan anak raja, atau anak orang kaya, maka jadi lah penulis".

Pengikut

Recent Comment