-->

HAKIKAT KESUKSESAN

Posted by Ponda Samarkandi Minggu, 03 Maret 2013 1 komentar


HAKIKAT SUKSES
(Menguak Makna Sukses Yang Sebenarnya)

Oleh: Ponda Samarkandi


Kesuksesan merupakan dambaan setiap manusia. Tidak ada manusia yang ingin hidupnya gagal atau tidak sukses. Berbagai macam cara pun telah mereka lakukan untuk mencapai kesuksesan tersebut. Ada yang bekerja keras tanpa merasa lelah demi tercapainya kesuksesan dan ada juga yang mengalir seperti air dalam proses pencapaian kesuksesan.
 Kata sukses memang sangat mudah untuk dikatakan, tapi sangat sulit untuk dicapai dan dirasakan. Kebanyakan orang memiliki perspektif bahwa orang sukses itu dinilai dari banyaknya harta dan uangnya, namun makna sukses yang sebenarnya adalah terletak pada kebahagiaan terhadap apa yang dicapainya. Walaupun harta menumpuk, tapi kebahagiaan tak kita rasakan, itu bukanlah sukses yang sebenarnya, tapi itu hanya salah satu elemen atau bagian terkecil dari kesuksesan.
Orang yang sukses adalah mereka yang merasa bahagia terhadap apa yang telah mereka capai. Mereka senantiasa bersyukur kepada Allah atas nikmat yang telah diberikan kepadanya dan ia merasa bahagia, itulah orang yang sukses. Banyak orang yang sukses tapi tak bahagia, malah sebaliknya mereka merasa masih kurang dan belum puas dengan nikmat yang mereka dapatkan. Mereka tak pernah bersyukur terhadap apa yang telah diberikan oleh Allah kepada-Nya. Orang yang seperti ini tidak akan pernah merasakan kesuksesan yang sebenarnya.
Mereka yang sukses bukanlah orang yang bahagia di atas penderitaan orang lain. Tapi orang yang sukses adalah mereka yang mau berbagi dengan kesuksesannya. Kesuksesanya membuat orang lain bahagia dan senang serta mampu mengurangi penderitaan orang lain. Itulah makna sukses yang sebenarnya.
Di dalam Al-Qur’an Allah secara tegas memberikan gambaran kepada kita agar senantiasa berbagi dengan orang lain atas nikmat dan kesuksesan yang telah kita capai, dengan harapan agar orang lain dapat merasakan kebahagiaan yang kita rasakan. Dengan berbagi harta kita juga menjadi bersih dan diridhai oleh Allah SWT. Sebagaimana firman Allah “(yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebahagian rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka”. (Al-Baqarah [2]: 3)
Ayat di atas mengajarkan kepada kita agar senatiasa berbagi nikmat atau menafkahkan sedikit harta kita untuk orang lain, karena harta hanyalah titipan sementara. Untuk itu marilah kita selalu memberikan kebahagiaan kepada orang lain, membuat orang lain senang, karena itu adalah bagian terpenting untuk merasakan kesuksesan yang sebenarnya.
Substansi dari kesuksesan adalah kita merasa bahagia terhadap apa yang kita capai dan senantiasa bersyukur serta dengan kesuksesan tersebut kita mampu berbagi kebahagiaan dengan orang lain. Itulah orang yang akan merasakan makna sukses yang sebenarnya.




TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: HAKIKAT KESUKSESAN
Ditulis oleh Ponda Samarkandi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://ponda-samarkand.blogspot.com/2013/03/hakikat-kesuksesan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
1 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

1 komentar:

Master Web mengatakan...

Ternyata cara meraih kesuksesan bisa dilakukan dengan 2 jalan pertama dengan
cara spritul kedua dengan jalan usaha dan kerja keras,,,,menjadi faktor penentu sukses atau tidaknya seseorang,rahasia sukses,
motivasi untuk sukses jika ingin hidup lebih
sukses dari yang sekarang silahkan klik >>disini<<
guru kesuksesan

Posting Komentar

Komentar yang tidak sesuai dengan syarat di bawah ini akan dihapus, Demi kenyamanan kita bersama :

1. Menggunakan bahasa tidak beretika (Sara, Pornografi, Menyinggung)
2. Komentar menautkan link secara langsung
3. Komentar tidak berkaitan dengan artikel
4. Komentar Scam (Promosi Link)

Original design by Bamz | Copyright of Coretan Mahasiswa Kampung.

Mengenai Saya

Foto Saya
Saya seorang mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Jurusan Dakwah STAIN Palangka Raya. Saya bukan seorang penulis, tapi saya berusaha menjadi seorang penulis. Kata-kata motivasi saya:  "Kalau anda bukan anak raja, atau anak orang kaya, maka jadi lah penulis".

Pengikut

Recent Comment