-->

MEMBUT JUDUL BERITA

Posted by Ponda Samarkandi Kamis, 04 April 2013 0 komentar
Judul adalah identitas berita. Tanpa judul, berita sehebat apa pun tidak ada artinya. Judul berita sangat mendasar dilihat dari dua kepentingan. Pertama, bagi berita itu sendiri. Tanpa judul, ia adalah sesuatu yang anonym, abstrak, tak dikenal, sehingga tak akan bicara apa-apa. Ia tak mampu member pesan, padahal inti dari komunikasi adalah pesan. Kedua, bagi khalayak pembaca. Judul adalah pemicu daya tarik pertama bagi pembaca untuk membaca suatu berita atau justru segera melewati dan melupakannya. Judul berita merupakan komponen penting yang tak bisa kita tinggalkan.

Syarat-syarat judul berita yang baik:

1.    Provokatif, yakni judul yang kita buat harus bisa menarik minat dan antusias khalayak untuk membaca berita tersebut.
2.    Singkat/Padat, judul berita harus singkat dan padat. Kita lihat contoh judul berita di atas HMPS KPI PERTANYAKAN KINERJA JURUSAN DAKWAH. Judul teresbut mengandung unsur singkat dan padat.
3.    Relevan, yakni judul berita harus relevan dengan teras berita (lead berita). Judul berita yang baik adalah diambil dari teras berita.
4.    Fungsional, yakni judul berita harus mandiri, tidak bergantung pada kata yang lain serta memiliki arti yang tegas dan jelas.
5.    Formal, yakni judul berita harus menukik langsung kepada pokok permasalahan sekaligus menghindari basa-basi dan eufimisme yang tidak perlu. Judul tidak dibuat ambigu apalagi sampai mendua.
6.    Representatif, yakni judul berita harus mewakili dan mencerminkan isi dari teras berita.
7.    Merujuk pada bahasa baku, yakni judul berita harus sesuai dengan gramatikal bahasa Indonesia yang baik atau sesuai dengan EYD yang telah disempurnakan.
8.    Spesifik, yakni judul berita harus menggunakan kata-kata khusus bukan kata umum. Misalkan judul berita di atas, saya menggunakan kata HMPS KPI dan Jurusan Dakwah, kata tersebut merupakan kata khusus karena menunjuk pada salah satu prodi di Jurusan Dakwah. Kata yang bersifat umum dapat saya contohkan seperti ini, HMPS PERTANYAKAN KINERJA JURUSAN. Judul seperti ini sifatnya umum, orang akan bertanya-tanya, HMPS mana dan Jurusan mana yang sedang kita tulis.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: MEMBUT JUDUL BERITA
Ditulis oleh Ponda Samarkandi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://ponda-samarkand.blogspot.com/2013/03/membut-judul-berita.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
0 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang tidak sesuai dengan syarat di bawah ini akan dihapus, Demi kenyamanan kita bersama :

1. Menggunakan bahasa tidak beretika (Sara, Pornografi, Menyinggung)
2. Komentar menautkan link secara langsung
3. Komentar tidak berkaitan dengan artikel
4. Komentar Scam (Promosi Link)

Original design by Bamz | Copyright of Coretan Mahasiswa Kampung.

Mengenai Saya

Foto Saya
Saya seorang mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Jurusan Dakwah STAIN Palangka Raya. Saya bukan seorang penulis, tapi saya berusaha menjadi seorang penulis. Kata-kata motivasi saya:  "Kalau anda bukan anak raja, atau anak orang kaya, maka jadi lah penulis".

Pengikut

Recent Comment