-->

Mahasiswa Sebagai Agent Of Change

Posted by Ponda Samarkandi Kamis, 16 Mei 2013 0 komentar


Mahasiswa merupakan entitas penting dalam kehidupan kampus. Sejumlah predikatpun disematkan kepada mahasiswa mulai dari kaum intelektual, kaum terdidik, dan bahkan sebagai agen perubahan. Predikat yang disandang oleh mahasiswa tersebut menunjukkan bahwa peran mahasiswa sangat penting dalam melahirkan perubahan. Sejarah telah mencatat melalui tinta emas bahwa mahasiswa sebagai kaum muda merupakan pelopor perubahan. Tumbangnya rezim kekuasaan yang tiran di sejumlah Negara di belahan dunia merupakan fakta sejarah betapa mahasiswa memiliki kekuatan tersendiri.
Dunia kampus sebagai lokus intelektual menjadi sentral bagi eksistensi mahasiswa. Kampus dan mahasiswa merupakan entitas sosial yang penting dan tidak terpisahkan. Dinamika dan progresifitas kehidupan kampus jelas bergantung pada kiprah dan peran mahasiswa itu sendiri. Kampus tidak hanya lokus intelektual tetapi juga sebagai pijakan awal dalam mengasah nalar politik mahasiswa.

Fungsionalisasi lembaga kemahasiswaan sebagai wujud dari student governance (pemerintahan mahasiswa) menjadi tolak ukur dalam melihat progresifitas kehidupan kampus. Celakanya keberadaan lembaga kemahasiswaan selama ini cenderung vakum dan mati suri. Revitalisasi peran lembaga kemahasiswaan dalam mendorong terciptanya kehidupan kampus yang dinamis dan progresif merupakan sebuah keniscayaan yang musti diperjuangkan.
Ruh kampus yang sejatinya adalah mahasiswa itu sendiri musti dihidupkan (kembali) melalui penguatan kapasitas lembaga kemahasiswaan. Melalui lembaga kemahasiswaan, mahasiswa seyogyanya harus bisa membawa perubahan yang konkret dalam pengembangan intelektual serta menjadi agent of change dalam proses alih status STAIN Palangka Raya menjadi IAIN Palangka Raya.
Untuk merealisasikan hal tersebut, tentunya mahasiswa perlu menghidupkan kembali lembaga-lembaga kemahasiswaan yang telah lama vakum dan mati suri. Dengan hidupnya lembaga kemahasiswaan akan membantu proses perubahan alih status STAIN menjadi IAIN dan sekaligus menjadikan mahasiswa sebagai agent of change (agen perubahan). Hidup matinya kampus adalah bergantung pada eksistensi mahasiswa. Karena itu perubahan alih status akan terealisasi dengan eksistensi dan peran mahasiswa itu sendiri.
Melalui PEMILWA yang seyogyanya merupakan pesta demokrasi ala mahasiswa ini, kita diasah untuk menjadi seorang pemimpin serta untuk mewujudkan pemerintahan mahasiswa (student government) yang mandiri, kuat, kritis, dan transformatif sebagai lokomotif perubahan dunia kampus.
 


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Mahasiswa Sebagai Agent Of Change
Ditulis oleh Ponda Samarkandi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://ponda-samarkand.blogspot.com/2013/05/mahasiswa-sebagai-agent-of-change.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
0 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 komentar:

Poskan Komentar

Komentar yang tidak sesuai dengan syarat di bawah ini akan dihapus, Demi kenyamanan kita bersama :

1. Menggunakan bahasa tidak beretika (Sara, Pornografi, Menyinggung)
2. Komentar menautkan link secara langsung
3. Komentar tidak berkaitan dengan artikel
4. Komentar Scam (Promosi Link)

Original design by Bamz | Copyright of Coretan Mahasiswa Kampung.

Mengenai Saya

Foto Saya
Saya seorang mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Jurusan Dakwah STAIN Palangka Raya. Saya bukan seorang penulis, tapi saya berusaha menjadi seorang penulis. Kata-kata motivasi saya:  "Kalau anda bukan anak raja, atau anak orang kaya, maka jadi lah penulis".

Pengikut

Recent Comment