-->

Magrib Mengaji

Posted by Ponda Samarkandi Minggu, 27 Juli 2014 0 komentar
Oleh: Ponda Samarkandi, S.Kom.I


Ilmu adalah amunisi yang sangat luar biasa dalam proses menjalankan seluruh ibadah kita kepada Allah SWT. Bagaimana tidak, dengan ilmu orang dapat mengetahui tentang tata cara beinteraksi dengan Allah, Manusia, Alam, dan Hewan. Tanpa adanya ilmu manusia tidak lah berbeda dengan binatang, sebagaimana yang pernah dikatakan oleh Ulama, “Jikalau manusia itu tidak berilmu, maka niscaya ia sama seperti binatang”.
Ilmu memiliki mukjizat yang luar biasa, baik untuk orang yang memilikinya dan untuk ilmu itu sendiri. Ilmu sifatnya abadi, tak akan pernah lenyap sampai hari kiamat. Orang yang memiliki ilmu pun, akan mendapat kemulian dan derajat yang tinggi baik itu di Dunia maupun di Akhirat kelak. Sebagaimana firman Allah SWT yang Artinya:

“Hai orang-orang beriman apabila kamu dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", Maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", Maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS. Al-Mujadillah [58]:11)

Bertepatan dengan momentum hari pendidikan Nasional (HARDIKNAS) yang jatuh pada hari ini, 2 Mei 2014 marilah kita didik anak-anak kita untuk senantiasa mempelajari dan membaca al-Qur’an. Kita tanamkan dalam diri anak-anak rasa cinta kepada Al-Qur’an, agar terbentuklah generasi pemuda dan pemudi qur’ani atau generasi pemuda-pemudi yang cinta akan al-Qur’an.
Magrib mengaji merupakan salah satu cara untuk menanamkan rasa cinta kita dan anak-anak kita kepada Al-Qur’an. Kegiatan yang sering dilakukan orang tua-orang tua dulu tersebut, kini hampir lenyap karena dikalahkan oleh tayangan Televisi yang sangat tidak mendidik anak-anak, seperti tayangan sinetron, dangdut academy, KDI, dan lain sebagainya.
Tontonan-tontonan seperti itu seharusnya jangan dibiasakan ditonton anak-anak, sebab itu hanya akan menghancurkan sedikit demi sedikit akhlak serta moral anak kita. Jika anak-anak sudah terbiasa dengan tontonan-tontonan yang tidak mendidik, maka jangan salahkan mereka jika besar nantinya mereka banyak melakukan hal-hal yang dilarang oleh agama, bahkan terkadang mereka akan durhaka kepada kita. Semua itu adalah salah kita sebagai orang tua karena tidak memperhatikan anak-anak kita serta tidak mendidik anak-anak kita dengan baik dan benar.

"Untuk itu laranglah anak-anak kita untuk menonton siaran televisi yang tidak mendidik dan kita ganti membiasakan mereka untuk senantiasa mempelajari dan membaca al-Qur’an atau membiasakan anak-anak kita untuk mengamalkan “Magrib Mengaji”, agar tertanam di hati mereka kecintaan terhadap Al-Qur’an.  Dengan adanya magrib mengaji, maka secara tidak langsung kita mengurangi kebiasaan anak-anak kita untuk menonton tayangan yang tidak mendidik dan membiasakan mereka untuk mempelajari dan membaca Al-Qur’an".

Begitu urgen atau pentingnya Al-Qur’an, sehingga membacanya saja di nilai sebgai bentuk ibadah. Rasulullah SAW bersabda, ketika sahabat Mu’adz bin Jabal memohon wasiat dari beliau dalam sebuah perjalanan:
اذا أردْتمْ عيْشَ السُعداَءَ و موتَ الشُّهداءِ و النَّجاةَ يومَ الحَشْرِ و الظِّلَّ يومَ الحَرِّ و الهُدى من الضلالةِ فَاَدِيمُوا قِراءةَ القُرْان فاِنَّهُ كلامُ الرحمنِ و حِصْنٌ من الشَيْطان و رُحْجانٌ فى الميْزانِ.
Artinya: “Kalau kamu menghendaki kehidupan orang-orang yang beruntung, kematian orang-orang yang mati syahid, selamat pada hari perkumpulan (Mahsyar), keteduhan hari yang panas (di akhirat), petunjuk dari kesesetan, maka biasakanlah untuk senantiasa membaca Al-Qur’an, karena sesungguhnya Al-Qur’an itu adalah Kalam Allah yang Maha Pengasih, benteng pelindung dari setan, dan menambah nilai timbangan amal kebaikan.

Semoga kita senantiasa mendapat hidayah dan taufik dari Allah, sehingga kita mencintai Al-Qur’an, membaca dan mempelajari kandungannya, serta mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga kita termasuk hamba Allah yang mendapatkan keridaan dan pertolongan Allah, bahagia di dunia dan akhirat, Amin…..
 
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Magrib Mengaji
Ditulis oleh Ponda Samarkandi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://ponda-samarkand.blogspot.com/2014/07/magrib-mengaji.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
0 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang tidak sesuai dengan syarat di bawah ini akan dihapus, Demi kenyamanan kita bersama :

1. Menggunakan bahasa tidak beretika (Sara, Pornografi, Menyinggung)
2. Komentar menautkan link secara langsung
3. Komentar tidak berkaitan dengan artikel
4. Komentar Scam (Promosi Link)

Original design by Bamz | Copyright of Coretan Mahasiswa Kampung.

Mengenai Saya

Foto Saya
Saya seorang mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Jurusan Dakwah STAIN Palangka Raya. Saya bukan seorang penulis, tapi saya berusaha menjadi seorang penulis. Kata-kata motivasi saya:  "Kalau anda bukan anak raja, atau anak orang kaya, maka jadi lah penulis".

Pengikut

Recent Comment