-->

MARI BERKARYA

Posted by Ponda Samarkandi Minggu, 17 Februari 2013 0 komentar


MARI BERKARYA
(Demi Mewujudkan STAIN Palangka Raya Terdepan)

Dewasa ini, STAIN Palangka Raya bisa dibilang sebagai salah satu perguruan tinggi yang sangat sedikit menghasilkan orang-orang yang mampu berkarya, bahkan bisa dibilang hampir tidak ada mahasiswa STAIN yang memiliki suatu karya yang dapat dibanggakan dengan Kampus lain. Inilah yang sedang melanda Kampus Hijau STAIN Palangka Raya saat ini, memiliki mahasiswa yang hanya mampu lulus kuliah dengan cepat tanpa menghasilkan karya apapun.
Kalau ada yang bilang bahwa skripsi itu adalah karya mahasiswa, itu benar. Namun, semua orang di seluruh Indonesia bisa membuat skripsi, karena itu merupakan kewajiban yang harus mereka penuhi demi mencapai sarjana. Karya yang dimaksud di sini bisa berbentuk buku, kumpulan cerpen, puisi, novel dan lain sebagainya. Dengan karya ini orang-orang akan mengetahui bahwa STAIN bisa mencetak tokoh-tokoh yang mampu berkarya untuk bangsa, khususnya untuk STAIN Palangka Raya.

Coba kita tengok mahasiswa Perguruan Tinggi di daerah lain, Jawa misalnya, mereka masih kuliah pun sudah berkarya. Ada yang membuat buku, novel, puisi, cerpen, dan lain sebagainya. Mereka mampu berkarya saat mereka masih kuliah. Ini seharusnya menjadikan motivasi bagi kita mahasiswa STAIN Palangka Raya untuk berkarya, dan demi mewujudkan STAIN Palangka Raya terdepan dan mampu bersaing dengan Perguruan Tinggi lainnya di seluruh Indonesia.
Kita seharusnya malu dengan keadaan sekarang ini, malu dengan Perguruan Tinggi lain. Ada sebuah slogan yang mengatakan “If other people can, why we can’t”, artinya jika orang lain bisa, mengapa kita tidak bisa. Ini seharusnya menjadi senjata bagi kita agar mampu bersaing dengan Perguruan Tinggi lain dan mampu menghasilkan karya-karya serta tokoh-tokoh besar.
Banyak mahasiswa di STAIN Palangka Raya yang memiliki kemampuan dalam menulis dan berkarya, seperti membuat cerpen, film, novel, puisi, artikel, dan lainnya, bahkan artikel-ertikel mereka pun sudah ada yang terbit di Koran-koran Palangka Raya, seperti di Kalteng Pos dan Mega Pos. Seharusnya mahasiswa-mahasiswa seperti ini ditempa lagi agar kemampuan mereka berkembang dalam hal berkarya. STAIN seharusnya mewadahi mereka agar mampu menghasilkan karya-karya yang bisa membanggkan dan bisa mengharumkan nama STAIN Palangka Raya di seluruh Indonesia.
Namun sebaliknya, mereka tidak diberikan wadah untuk menampung atau mengembangkan skil mereka dalam berkarya. Dan akibat yang dihasilkan, kemampuan mahasiswa jadi terpendam dan tersembunyi, sehingga mereka tidak bisa menghasilkan karya apapun untuk mengharumkan nama STAIN di seluruh Indonesia. Untuk mewujudkan hal tersbut, STAIN harus bisa mewadahi dan menempa kemampuan mereka agar bisa berkarya.
Percuma kuliah cepat, lulus cepat, nilai akademik bagus, tapi tidak memiliki karya apapun. Kita tidak menorehkan tinta sejarah yang bisa dikenang oleh orang lain dan mahasiswa di bawah kita nantinya. Untuk itu, marilah kita tanamkan dalam hati, agar memiliki tekad dan keinginan untuk berkarya demi mewujudkan STAIN terdepan dan mampu bersaing dengan Perguruan Tinggi lainnya di Indonesia.
Tulisan ini sengaja saya buat, untuk menyalakan bara api semangat yang ada dalam diri mahasiswa untuk berkarya. Semangat yang kuat, sekuat buih di lautan yang tak pernah takut dengan garangnya badai dan gelombang, semangat yang tak akan pernah lelah untuk menghasilkan karya-karya yang fenomenal. Ucapan terakhir saya, “MARI BERKARYA (Demi mewujudkan STAIN terdepan dan berkualitas)”.


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: MARI BERKARYA
Ditulis oleh Ponda Samarkandi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://ponda-samarkand.blogspot.com/2013/02/mari-berkarya.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
0 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang tidak sesuai dengan syarat di bawah ini akan dihapus, Demi kenyamanan kita bersama :

1. Menggunakan bahasa tidak beretika (Sara, Pornografi, Menyinggung)
2. Komentar menautkan link secara langsung
3. Komentar tidak berkaitan dengan artikel
4. Komentar Scam (Promosi Link)

Original design by Bamz | Copyright of Coretan Mahasiswa Kampung.

Mengenai Saya

Foto Saya
Saya seorang mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Jurusan Dakwah STAIN Palangka Raya. Saya bukan seorang penulis, tapi saya berusaha menjadi seorang penulis. Kata-kata motivasi saya:  "Kalau anda bukan anak raja, atau anak orang kaya, maka jadi lah penulis".

Pengikut

Recent Comment