-->

HIKMAH ISU KIAMAT 2012

Posted by Ponda Samarkandi Kamis, 31 Januari 2013 0 komentar


Isu kiamat 2012 yang akan terjadi pada tanggal 21-12-2012 telah menjalar ke seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di Indonesia. Berbagai macam media, baik itu media elektronik maupun media cetak tak lepas memberitakan isu tersebut. Isu tentang kiamat 2012 ini membuat resah masyarakat di dunia, terutama umat Islam.
Umat Islam tidak membenarkan isu tentang kiamat 2012 tersebut, karena yang mengetahui tentang kiamat itu sendiri hanyalah Allah SWT. Sebagaimana firman Allah SWT, “Kepada-Nyalah dikembalikan pengetahuan tentang hari Kiamat. Dan tidak ada buah-buahan keluar dari kelopaknya dan tidak seorang perempuanpun mengandung dan tidak (pula) melahirkan, melainkan dengan sepengetahuan-Nya. Pada hari Tuhan memanggil mereka: "Dimanakah sekutu-sekutu-Ku itu?", mereka menjawab: "Kami nyatakan kepada Engkau bahwa tidak ada seorangpun di antara kami yang memberi kesaksian (bahwa Engkau punya sekutu)." (Q.S. AL-Fushshilat [41]: 47)

Kandungan ayat tersebut menjelaskan secara detail kepada kita bahwa kiamat itu adalah rahasia Allah SWT, dan kita tidak akan mampu mengungkap bahkan menetapkan kapan kiamat itu terjadi. Nabi Muhammad, seorang utusan Allah pun tidak mengetahui kapan kiamat itu akan terjadi, namun menurut beliau ada tanda-tanda yang bisa kita ketahui tentang kapan kiamat itu akan terjadi.
Dari Hudzaifah bin Asid Al Ghiffari RA, katanya, Rasulullah SAW menengok kami ketika kami sedang berbincang-bincang seraya bertanya: "Apa yang sedang kaliam perbincangkan?". Jawab sahabat "Kami sedang berbincang-bincang mengenai hari kiamat". Sabda beliau, "Sesungguhnya dia tidak akan terjadi sebelum 10 tanda: Ad Dukhan, Dajjal, Dabbah, Matahari terbit dibarat, Isa Anak Maryam turun, Ya'juj dan Ma'juj, Gerhana di timur, Gerhana di Baray, Gerhana di Jazirah Arab, Api menyala di Yaman, menghalau manusia ke padang Mahsyar." (HR. Muslim)
Dari hadis Rasulullah di atas sudah sangat jelas mengatakan bahwa ada sepuluh tanda-tanda akan datangnya hari kiamat. Jika sepuluh tanda itu belum juga muncul, berarti kiamat tidak akan terjadi. Kita sebagai umat Islam harus mempercayai dan meyakini hal tersebut.
Beriman dengan hari kiamat termasuk salah satu rukun iman yang wajib diyakini oleh setiap orang Islam. Ia bukan semata-mata ajaran Nabi Muhammad SAW, bahkan ajaran semua nabi-nabi sebelum baginda termasuk ajaran umat Yahudi dan Kristen. Namun yang terjadi sekarang isu kiamat 2012 sangat hangat dibicarakan, apakah isu ini harus kita percaya?
Isu tentang kiamat 2012 yang saat ini menyebar ke seluruh pelosok dunia merupakan isu belaka dan tidak dibenarkan dan salah menurut pandangan Islam, namun sebenarnya ada sisi positif yang bisa kita petik dibalik pemberitaan tentang isu kiamat 2012. Kita sebagai umat Islam jangan hanya mengambil sisi negatifnya saja, karena isu tersebut juga ada memiliki sisi positif.
Sisi positif yang bisa kita petik dari isu tersebut di antaranya adalah sebagai berikut:
Pertama, isu hari kiamat seharusnya menjadikan keimanan kita lebih kuat, bukan semakin melemah. Apabila kita mendengar isu kiamat 2012 hati kita gemetar, berarti iman kita lemah, karena orang yang imannya kuat tidak akan gemetar hatinya, kecuali ia mendengar nama Allah disebut dan ayat-ayat Al-Qur’an dibacakan. Sebagaimana firman Allah yang artinya, “Sesungguhnya orang yang beriman itu ialah orang yang apabila disebutkan nama Allah akan gemetar hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya (ayat-ayat Allah) akan bertambahlah iman mereka, dan kepada Rab (Tuhan) mereka bertawakal.” (Q.S Al-Anfal : Ayat 2)
Kedua, isu kiamat 2012 seharusnya menjadikan kita lebih waspada dan mempersiapkan bekal yang akan kita bawa ke pengadilannya Allah SWT. Dengan adanya isu tersebut, umat Islam seharusnya dapat meningkatkan amal ibadahnya untuk persiapan bekal ke akhirat.
Ketiga, isu tersebut seharusnya menjadikan kita lebih takut dan lebih mendekatkan diri lebih mendalam lagi kepada Allah. Artinya, kita tidak akan melakukan hal-hal atau perbuatan yang dilarang oleh agama dan nantinya akan menjerumuskan kita ke Neraka.
Keempat, menjadi pendorong kepada manusia untuk sentiasa beribadah dan menghalang daripada melakukan maksiat. Oleh yang demikian itu, setiap kali umat manusia melihat tanda-tanda kiamat sudah wujud, mereka pun berasa takut terhadap kiamat dan huru-haranya. Keimanan mereka pun bertambah dan akan segera mempertingkatkan amal soleh. Nabi Muhammad SAW pernah berpesan, “Bersegera melakukan amal soleh sebelum tiba enam perkara, yaitu terbitnya matahari dari barat, keluarnya asap, munculnya binatang melata (ad-dabbah), kematian atau hari kiamat.” (HR.Muslim)
Itulah beberapa hikmah atau sisi positif yang bisa kita ambil dari isu kiamat 2012. Mudah-mudahan dengan isu tersbut, kita semakin meningkatkan amal ibadah kita, semakin kuat keimanan kita, lebih mendekatkan diri di hadapan Allah, lebih menjaga kita dari perbuatan maksiat, dan mudah-mudahan kita termasuk orang yang masuk surga. Amin Ya Rabbal ‘Alamin……


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: HIKMAH ISU KIAMAT 2012
Ditulis oleh Ponda Samarkandi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://ponda-samarkand.blogspot.com/2013/01/hikmah-isu-kiamat-2012.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
0 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang tidak sesuai dengan syarat di bawah ini akan dihapus, Demi kenyamanan kita bersama :

1. Menggunakan bahasa tidak beretika (Sara, Pornografi, Menyinggung)
2. Komentar menautkan link secara langsung
3. Komentar tidak berkaitan dengan artikel
4. Komentar Scam (Promosi Link)

Original design by Bamz | Copyright of Coretan Mahasiswa Kampung.

Mengenai Saya

Foto Saya
Saya seorang mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Jurusan Dakwah STAIN Palangka Raya. Saya bukan seorang penulis, tapi saya berusaha menjadi seorang penulis. Kata-kata motivasi saya:  "Kalau anda bukan anak raja, atau anak orang kaya, maka jadi lah penulis".

Pengikut

Recent Comment