-->

MENGENALKAN STAIN

Posted by Ponda Samarkandi Jumat, 01 Februari 2013 0 komentar


MENGENALKAN STAIN DI MASYARAKAT


Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palangka Raya merupakan satu-satunya perguruan tinggi berbasiskan Islam yang ada di Palangka Raya. STAIN memiliki tiga jurusan, yakni Tarbiyah, Syariah, dan Dakwah. STAIN dianggap masyarakat luas hanyalah sebagai Universitas yang substansinya ke arah agama saja. Inilah yang perlu dikenalkan kepada masyarakat tentang hakikat STAIN sebenarnya, agar masyarakat tidak memberikan pemahaman yang salah tentang STAIN kepada anak-anaknya.

STAIN pada dasarnya memang adalah Universitas yang berbasis agama, namun STAIN juga mempelajari ilmu-ilmu umum lainnya. Kombinasi antara ilmu agama dan umum inilah yang membedakan STAIN dengan universitas lain yang ada di Palangka Raya. Tidak ada dikotomi keilmuan yang terjadi di STAIN. Dengan adanya integrasi ilmu, STAIN dapat menghasilkan mahasiswa yang menguasai keilmuan di bidang agama dan umum.


Kebanyakan masyarakat hanya mengenal kulit luarnya saja tentang STAIN, padahal mereka tidak tau apa sebenarnya yang ada di STAIN. Inilah tugas dari mahasiswa-mahasiswa yang bergelut di STAIN untuk menjelaskan dan mensosialisasikan STAIN agar dikenal dan diketahui oleh masyarakat luas. Terlebih lagi masyarakat memandang Jurusan Dakwah yang ada di STAIN hanyalah jurusan yang bisanya hanya ceramah dan khutbah saja. Ada sebuah ungkapan yang mengatakn:
من لم يذق فلا يدرى
Artinya: “Barangsiapa yang tidak merasa maka ia tidak tahu”

Inilah yang menjadi tugas saya waktu pulang ke kampung halaman untuk menjelaskan Jurusan Dakwah di mata masyarakat luas. Masyarakat memang beranggapan bahwa jurusan dakwah adalah jurusan yang menekankan pada ceramah dan khutbah saja. Untuk mengenalkan dan merubah persepsi masyarakat tersebut, saya selaku mahasiswa yang tahu dan merasa kuliah di jurusan dakwah tergentar dan berkeinginan untuk meluruskan persepsi masyarakat terserbut. Kemudian saya membuat sebuah tulisan mengenai Jurusan Dakwah yang sebenarnya kepada masyarakat, dan alhamdulilah dengan tulisan itu serta dengan mereka bertanya kepada saya, mereka dapat memahami STAIN dan Jurusan Dakwah yang sebenarnya.

Saya juga menjelaskan kepada mereka bahwa Jurusan Dakwah kami tidak hanya diajarkan khutbah dan ceramah saja. Kami diajarkan untuk menjadi seorang kameramen, jurnalis, wartawan, dan sebagainya. Banyak mahasiswa jurusan dakwah yang sekarang sudah bisa menjadi seorang kameramen dan jurnalis. Seperti adik saya Ferdy, ia menjadi seorang kameramen dan editor yang lumayan baik, sehingga ia bisa memperoleh penghasilan dari profesinya tersebut. Saya juga sekarang ini sedang menjadi penulis dan memegang kendali media percetakan di Jurusan Dakwah.

Dengan penjelasan dan contoh nyata mahasiswa di Jurusan Dakwah, masyarakat di kampung saya mulai mengetahui substansi yang sebenarnya dari Jurusan tersebut. Sehingga mereka tidak salah mengartikan lagi tentang jurusan dakwah. Mudah-mudahan dengan sosialisasi yang saya lakukan, masyarakat di kampung saya bisa memasukkan anaknya ke jurusan dakwah, agar dakwah tidak lagi menjadi langka peminat dan bisa memiliki mahasiswa yang banyak.

Untuk itu marilah kita sebagai mahasiswa STAIN Palangka Raya melakukan sosialisasi kepada masayarkat tentang STAIN yang sebenarnya. Dan mari kita membantu STAIN dalam mengajak para siswa agar melanjutkan pendidikannya di STAIN Palangka Raya, dengan banyaknya mahasiswa yang masuk STAIN, maka peluan STAIN menjadi IAIN akan terbuka lebar. Ayo yang cinta kepada STAIN, satukan semangat, rapatkan barisan, kita majukan STAIN terdepan dari universitas lain yang ada di Palangka Raya.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: MENGENALKAN STAIN
Ditulis oleh Ponda Samarkandi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://ponda-samarkand.blogspot.com/2013/01/mengenalkan-stain-di-masyarakat.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
0 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang tidak sesuai dengan syarat di bawah ini akan dihapus, Demi kenyamanan kita bersama :

1. Menggunakan bahasa tidak beretika (Sara, Pornografi, Menyinggung)
2. Komentar menautkan link secara langsung
3. Komentar tidak berkaitan dengan artikel
4. Komentar Scam (Promosi Link)

Original design by Bamz | Copyright of Coretan Mahasiswa Kampung.

Mengenai Saya

Foto Saya
Saya seorang mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Jurusan Dakwah STAIN Palangka Raya. Saya bukan seorang penulis, tapi saya berusaha menjadi seorang penulis. Kata-kata motivasi saya:  "Kalau anda bukan anak raja, atau anak orang kaya, maka jadi lah penulis".

Pengikut

Recent Comment