-->

INDAHNYA BERBAGI

Posted by Unknown Sabtu, 02 Februari 2013 0 komentar


INDAHNYA BERBAGI
Oleh: Ponda Samarkandi

Hidup akan terasa sangat indah apabila kita berbagi kepada yang lain. Membagi kebahagiaan, kesenangan, serta kesedihan kita kepada orang lain akan membuat hidup menjadi lebih indah. Di saat kita mendapat kebahagiaan, ketika kita bagi kebahagiaan itu maka orang lain juga akan merasakan kebahagiaan yang kita dapat. Sebaliknya, jika kita dalam keadaan sedih, ketika kita bagi kesedihan tersebut maka orang lain juga akan merasakan kesedihan yang kita rasakan sehingga kesedihan yang kita rasakan akan berkurang.

Kita hidup tidak hanya sendiri dan membutuhkan satu sama lainnya. Islam mengajarkan kepada manusia agar senantiasa hidup berbagi, atau membagikan sebagian harta kepada orang lain. Dengan berbagi orang lain akan merasakan kebahagiaan yang kita dapatkan. Sebagaimana firman Allah yang artinya, “(yaitu) mereka yang beriman,  kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebahagian rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka”. (QS. Al-Baqarah [2]: 3)


Ayat di atas menganjurkan kepada kita agar membagikan sebagian harta yang kita miliki kepada orang lain yang membutuhkannya, dengan itu kita akan mendapatkan kemuliaan dan pahala dari Allah SWT. Selain itu, sedekah adalah upaya untuk membersihkan harta kita agar menjadi fitrah kembali.

Di dalam sebuah Hadis, Rasulullah bersabda, Dari Abu Dzar rodhiallohu ‘anhu dia berkata: Ada sekelompok sahabat Rasulullah melapor, “Wahai Rasulullah orang-orang kaya telah memborong pahala. Mereka sholat sebagaimana kami sholat, mereka berpuasa sebagaimana kami puasa, namun mereka dapat bersedekah dengan kelebihan hartanya.” Beliau bersabda, “Bukankah Allah telah menjadikan bagi kalian apa-apa yang dapat kalian sedekahkan? Sesungguhnya pada setiap tasbih ada sedekah, pada setiap tahmid ada sedekah dan pada setiap tahlil ada sedekah, menyuruh kebaikan adalah sedekah, melarang kemungkaran adalah sedekah, dan mendatangi istrimu juga sedekah.” Mereka bertanya. “Wahai Rasulullah, apakah jika seseorang memenuhi kebutuhan syahwatnya itu pun mendatangkan pahala?” Beliau bersabda, “Apa pendapatmu, bila ia menempatkan pada tempat yang haram, bukankah ia berdosa? Demikian pula bila ia menempatkan pada tempat yang halal, ia akan mendapatkan pahala.” (HR. Muslim)
Dari hadis tersebut bisa kita ambil kesimpulan bahwa sungguh sangat beruntung orang yang sudah melimpah hartanya dan ia bersedekah kepada orang lain. Dengan kata lain, bahwa orang yang kaya apabila ia bersedekah ia akan mendapatkan kedudukan terhormat dan ia akan memperoleh kebahagiaan di dunia maupun di akhirat. Karena pada kenyataannya bahwa harta bukan lah milik kita, melainkan milik Allah SWT.
Harta yang kita miliki adalah anugerah dan pemberian dari Allah SWT, harat hanyalah sebuah titipan yang diamanahkan kepada kita. Untuk itu sebagai hamba yang beriman, kita harus menafkahkan sebagian harta kita untuk orang lain, agar harta kita menjadi suci dan bersih (fitrah) kembali. Dengan bersedekah, kita juga akan mengurangi beban saudara kita yang sedang dalam kesusahan dan kesulitan.
Orang yang suka bersedekah atau memberi itu lebih baik dari pada menerima pemberian orang lain. Rasulullah SAW bersabda, “Tangan yang di atas (pemberi) lebih baik daripada tangan yang di bawah (penerima). (HR. Bukhari). Hadis tersebut member penjelasan kepada kita agar senantiasa memberi dari pada menerima, karena memberi lebih mulia dibandingkan dengan orang yang menerima. Untuk itu sepantasnya bagi kita agar bermurah hati memberikan sebagian harta kita kepada orang lain, dengan harapan kita mengurangi beban dan kesulitan orang lain.
Dengan bersedekah yang dilandaskan atas syukur atas nikmat yang diberikan Allah, harta kita tidak akan berkurang bahkan Allah akan menambah nikmat yang diberikannya kepada kita. Sebagaimana firman-Nya, “Jikalau kalian bersyukur atas nikmatku, niscaya aku tambah, dan Jikalau kalian mengingkari nikmatku, sesungguhnya azabku sangatlah pedih”. Ayat ini menjelaskan kepada kita bahwa apabila kita mensyukuri nikmat yang telah diberikannya dan membagikan sebagian nikmatnya kepada yang lain, maka Allah akan menambahkan nikmatnya kepada kita. Begitupula sebaliknya, jikalau kita pelit, maka Azab Allah yang pedih akan menghadang kita.
Marilah kita tanamkan dalam hati agar senantiasa berbagi dengan orang yang membutuhkannya. Dengan berbagi kita dapat mengurangi beban orang lain, dan orang lain dapat merasakan kebahagiaan yang kita rasakan. Mudah-mudahan Allah menjadikan kita orang yang senantiasa bersedekah dan berbagi satu sama lainnya. Amin Ya Rabbal ‘Alamin……





TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: INDAHNYA BERBAGI
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://ponda-samarkand.blogspot.com/2013/02/indahnya-berbagi.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
0 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang tidak sesuai dengan syarat di bawah ini akan dihapus, Demi kenyamanan kita bersama :

1. Menggunakan bahasa tidak beretika (Sara, Pornografi, Menyinggung)
2. Komentar menautkan link secara langsung
3. Komentar tidak berkaitan dengan artikel
4. Komentar Scam (Promosi Link)

Original design by Bamz | Copyright of Coretan Mahasiswa Kampung.

Pengikut

Recent Comment