-->

MENGAPA MANUSIA HARUS BERPIKIR

Posted by Ponda Samarkandi Jumat, 08 Maret 2013 2 komentar


MENGAPA MANUSIA HARUS BERPIKIR
Oleh: Ponda as Samarkand


Berpikir merupakan proses mencari kebenaran tentang fenomena yang terjadi di sekitar. Dengan berpikir seseorang akan mendapatkan pelbagai pengetahuan, baik itu pengetahuan tentang alam, Tuhan, dan manusia. Di dalam al-Qur’an Allah juga telah memberikan gambaran kepada manusia untuk senantiasa berpikir tentang penciptaan alam ini. sebagaimana firman Allah, "Sesungguhnya di dalam penciptaan langit dan bumi, dan pergantian malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang yang berpikir".
Ayat tersebut sangat jelas memberikan penjelasan kepada kita agar senantiasa memikirkan fenomena alam baik yang ada di langit maupun di bumi, dan fenomona yang ada ada siang dan malam, karena di dalam ciptaan Allah itu ada tanda-tanda kekuasaan, ilmu pengetahuan, pelbagai fenomena, namun semua itu hanya untuk orang yang berpikir.
Berpikir selain untuk mendapatkan pelbagai pengetahuan juga sebagai olahraga otak. Berpikir sangat urgen untuk memberikan kesehatan terhadap otak kita, tanpa berpikir otak kita akan mengalami gangguan atau sakit. Orang yang sakit otaknya akan mengalami gangguan kejiwaan atau bisa dibilang stress bahkan bisa gila. Otak yang sakit juga tidak akan bisa bekerja dengan normal kembali, bahkan otak bisa berhenti bekerja karena kita tak pernah berpikir.
Otak adalah alat yang sentral dalam tubuh kita. Otak yang sehat akan menghasilkan pola pikir yang sehat, namun sebaliknya otak yang sakit akan menghasilkan pemikiran yang sakit pula. Oleh karena itu, kesehatan otak perlu kita perhatikan dan dijaga agar jangan sampai sakit. Menjaga dan memelihara otak adalah dengan cara berpikir.
Saya analogikan seperti tubuh kita, kalau tubuh tidak berolahraga, maka tubuh tidak akan sehat dan sakit. Begitu juga halnya dengan otak, kalau otak tidak kita gunakan untuk berpikir, maka otak akan mengalami gangguan dan sakit. Itulah mengapa manusia harus berpikir? Karena manusia memerlukan olahraga otak agar tidak sakit.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: MENGAPA MANUSIA HARUS BERPIKIR
Ditulis oleh Ponda Samarkandi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://ponda-samarkand.blogspot.com/2013/03/mengapa-manusia-harus-berpikir.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
2 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

2 komentar:

Wcnen mengatakan...

Makasih atas infonya Blogwalking mas jangan lupa mampir.

Ponda Samarkandi mengatakan...

Oke, mkasih mas

Posting Komentar

Komentar yang tidak sesuai dengan syarat di bawah ini akan dihapus, Demi kenyamanan kita bersama :

1. Menggunakan bahasa tidak beretika (Sara, Pornografi, Menyinggung)
2. Komentar menautkan link secara langsung
3. Komentar tidak berkaitan dengan artikel
4. Komentar Scam (Promosi Link)

Original design by Bamz | Copyright of Coretan Mahasiswa Kampung.

Mengenai Saya

Foto Saya
Saya seorang mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Jurusan Dakwah STAIN Palangka Raya. Saya bukan seorang penulis, tapi saya berusaha menjadi seorang penulis. Kata-kata motivasi saya:  "Kalau anda bukan anak raja, atau anak orang kaya, maka jadi lah penulis".

Pengikut

Recent Comment